Izi Aqiqah

Inilah Beberapa Cara Yang Bisa Ibu & Ayah Pilih Pada Saat Membuat Perencaan Dan Menyiapkan Kelahiran anak.

akekah.com Menunggu kehadiran anak ialah hal yang membuat deg-degan banyak orang tua terutama para calon orang tua baru. Momen yang ditunggu-tunggu tersebut bisa menjadi pengalaman tersendiri buat para orang tua. Umumnya ketika fase itu banyak sekali perencanaan dan juga hal yang harus dikerjakan oleh Ayah dan Ibu untuk menyambut kelahiran bayi tercinta.

Nah kalau Anda ialah salah 1 orang yang lagi menunggu kelahiran sang buah hati dan masih bimbang apakah sih perencanaan dan kesiapan yang wajib dilakukan. Dibawah Ini akekah.com bahas soal beberapa tips yang dapat Bunda & Ayah lakukan saat merencanakan dan membuat persiapan lahirnya anak. Ayo Kita lihat ulasan lengkapnya berikut!

Izi Aqiqah

 

Tips Merencanakan dan Membuat Persiapan Lahirnya anak

Persiapan Fisik & Mental

Tips terutama yang wajib Anda laksanakan saat merencanakan dan mempersiapkan kelahiran anak yakni mempersiapkan fisik dan mental. Point ini sebab memiliki anak bukanlah suatu hal yang mudah khususnya untuk para pasangan yang baru punya anak satu. Kesiapan fisik tersebut sepatutnya dikerjakan oleh para orang tua terutama sang ibu agar proses kelahiran sang bayi dapat berjalan normal dan lancar.

 

 

Sementara itu persiapan mental pun mesti dilakukan. Saling menyemangati satu sama lain ialah salah satu metode yang dapat diterapkan oleh Ayah agar bisa melalui proses persalinan yang amat menegangkan. Selain itu selanjutnya pun Bunda akan menjaga sang bayi, maka dari itu butuh kesiapan mental yang amat matang.

Persiapan Finansial

Selain persiapan mental dan jasmani yang wajib dikerjakan oleh para orang tua, persiapan keuangan juga merupakan hal yang paling penting saat merencanakan dan menyiapkan kelahiran sang bayi dengan baik. Tidak bisa dipungkiri bahwasanya dalam menyambut kelahiran sang buah hati membutuhkan kesiapan biaya yang lumayan banyak. Anda harus menyiapkan biaya yang lumayan banyak untuk proses lahiran, merawat sang anak, mempersiapkan beragam kelengkapan bayi, & lainnya. Karena sebagaimana Kita pahami bahwa anggaran melahirkan di rumah bersalin sekarang bisa dibilang cukup mahal. Walaupun Bunda & Ayah memiliki asuransi dari tempat Ayah dan Ibu bekerja, tetapi selalu saja harus mempersiapkan biaya yang cukup bila suatu waktu ada sesuatu yang terjadi di luar jangkauan.

Persiapan Berakekah

Beraqiqah merupakan prosesi penyambutan bayi yang baru lahir dengan menyembelih domba yang amat dianjurkan oleh Islam. Jadi selain Ayah & Bunda mempersiapkan mental, fisik, & juga finansial, juga harus memperhatikan kesiapan setelah hari melahirkan, salah satunya adalah mempersiapkan aqiqohnya yang dilaksanakan di hari ke-7. Tentunya hal ini berdasarkan pada ketentuan tentang aqiqah, diantaranya yang diriwayatkan oleh Syaikh Ahmad dan Ashhabus Sunan yang sudah dishahihkan oleh Imam At-Tirmidzi. Akan tetapi seandainya tidak bisa untuk mengerjakannya pada hari ketujuh, Ayah & Bunda pun tetap dapat melaksanakannya pada hari yang lainnya seperti hari ke-14, hari ke-21, maupun hari-hari lainnya.

Hal-Hal Yang Wajib Diperhatikan Ketika Akan Beraqiqah

Nah, merencanakan & membuat persiapan kelahiran anak ini mesti dilaksanakan jauh-jauh hari. Dikarenakan ada beberapa persyaratan yang wajib dilakukan saat hendak melaksanakan akikah, diantaranya yaitu:

Hewan Akekah

Sebagaimana yang telah digambarkan di awal bahwasanya beraqiqah merupakan suatu pelaksanaan penyembelihan domba/kambingsebagai ungkapan syukur pada Allah subhanahu wa ta’aala atas kelahiran sang bayi. Maka dari itu, pastinya untuk bisa berakikah, membutuhkan kambing/dombayang akan dipotong untuk akikah. Adapun banyaknya dombayang dijadikan sebagai hewan akikah tergantung pada jenis kelamin anak. Apabila anak yang dilahirkan berjenis kelamin laki-laki, maka diperintahkan berakekah dengan 2 ekor domba. Sementara itu jika seorang anak yang lahir berjenis kelamin perempuan, maka jumlah kambing yang disembelih untuk akikah ialah 1 ekor kambing / domba saja.

Pada Saat penentuan kambing atau domba akikah ini tidak bisa sembarangan. Ayah dan Ibu sepatutnya memperhatikan masalah yang harus dipenuhi oleh domba atau kambing yang akan disembelih seperti telah berusia paling tidak dua belas bulan, sehat dan tidak ada cacat sedikitpun. Maka dari itu, merencanakan dan membuat persiapan kelahiran sang buah hati harus dikerjakan dengan baik oleh para orang tua.

Disunnahkan Untuk Menyembelih Kambing/Domba Aqiqoh Sendiri

Perlu Ayah & Bunda tahu bahwasanya pada saat beraqiqoh ini, dianjurkan untuk memotong kambing akekah sendiri. Lalu bagaimana jikalau Anda tidak bisa untuk melakukannya sendiri? Nah, jika hal itu terjadi, bisa diwakilkan kepada pihak catering dan Anda cukup menyaksikan pelaksanaan pemotongan domba itu baik secara langsung maupun berbentuk dokumentasi foto & video.

Pembagian Daging Dalam Keadaan Sudah Berupa Makanan Siap Konsumsi

Hal lain yang mesti diperhatikan pada saat beraqiqah adalah daging akikah yang akan dibagi-bagikan tersebut semestinya dalam kondisi telah matang. Hal itu berbeda dengan domba qurban yang disunnahkan pembagiannya berupa daging yang masih mentah. Selain itu, daging domba atau kambing yang diaqiqahkan ini pun bisa dikonsumsi oleh keluarga yang memiliki hajat. Berdasarkan adanya anjuran itu jelaslah bahwa Islam amat memperhatikan proses ketika merencanakan & membuat persiapan lahirnya sang bayi.

Memotong Rambut Anak

Proses yang tidak boleh sampai terlewatkan dikala mengerjakan sunnah akikah ialah memotong rambut bayi. Hal ini telah diriwayatkan padat sebuah hadis shahih yang menyatakan bahwa setiap anak yang baru lahir tergadai dengan akikahnya yang dikerjakan di hari ketujuh dengan memotong domba, lalu dikasih nama & dipotong rambutnya. Sesudah rambut bayi selesai dicukur, Islam sangat menganjurkan melumurinya dengan wewangian.

Bersedekah

Dalam merencanakan & membuat persiapan lahirnya anak khususnya pada saat melakukan akekah, Ayah dan Ibu dianjurkan untuk bersedekah hasil timbangan dari pencukuran rambut anak yang sudah dikerjakan yang kemudian dikonversikan ke dalam bentuk perak.

Itulah beberapa anjuran yang harus dipenuhi saat ingin berakekah. Namun, perlu Ibu & Ayah ketahui bahwa kini berakikah bisa melibatkan satu lembaga akikah. Dengan hadirnya lembaga jasa layanan akikah itu aktifitas yang semestinya dilakukan akan jadi lebih ringan. Apalagi ditambah dengan keadaan saat sekarang dimana lembaga akekah sudah banyak bermunculan. Oleh karena itu, tinggal Ibu & Ayah pintar-pintar ketika memilih perusahaan jasa layanan aqiqah yang sesuai selera dan terpercaya. Pastinya beragam sekali keuntungan yang didapat ketika memutuskan untuk memilih perusahaan layanan berakekah salah satunya ialah semakin praktis, hemat waktu, menawarkan berbagai layanan & beberapa kemudahan lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai tips yang bisa Bunda & Ayah lakukan dalam merencanakan dan membuat persiapan kelahiran anak. Diharapkan ulasan ini bermanfaat!

Salam

Izi Aqiqah

 

 

Need Help? Chat with us