Aqiqah Pati Melayani Wilayah Sukoagung Batangan, Pati

akekah.com – Si kecil adalah karunia Allah SWT paling berharga yang dimiliki oleh ayah & ibunya. Kelak, sang buah hati merupakan generasi penerus bagi orang tuanya. Karenanya, mempunyai anak yang baik akan menjadi aset untuk kedua ayah & bundanya, walau mereka sudah meninggal.

Setiap orangtua pasti mengharapkan buah hatinya tumbuh menjadi sholeh dan sholehah, serta berhasil dunia dan akhirat. Setiap orang tua pasti berharap hal yang terbaik untuk buah hatinya, baik itu urusan di dunia maupun di akhirat kelak.

Untuk mensyukuri kelahiran bayi, biasanya umat Islam mengadakan acara aqiqah. Akikah ialah menyembelih binatang berupa kambing bagi ayah dan bunda yang mendapatkan anugerah berupa kelahiran si kecil.

Aqiqah Pati Melayani Wilayah Sukoagung Batangan, Pati
Aqiqah Pati Melayani Wilayah Sukoagung Batangan, Pati

Makna Akikah Menurut Bahasa

Aqiqah menurut bahasa artinya, “sembelihan” atau “pemotongan”. Inilah arti yang dipilih oleh Imam Ahmad bin Hambal sehingga beliau berkata : “Aqiqoh itu (artinya) tidak lain melainkan binatang sembelihan itu sendiri”

Menurut syara’, aqiqoh merupakan penyembelihan hewan ternak pada hari ketujuh dari kelahiran bayi laki-laki ataupun perempuan. Pada hari itu bayi diberikan nama yang bagus dan rambutnya dicukur.

Rasulullah SAW bersabda :

Dari Samurah ra, sesungguhnya Rasulullah SAW sudah bersabda : “Tiap-tiap bayi yang baru terlahir terikat dengan aqiqohnya sampai disembelih (aqiqah) itu untuknya pada hari ke-7, dicukur & diberikan nama.” (HR. Ahmad, Imam Empat dan dishohihkan oleh At-Turmudzi).

Jadi, Aqiqoh adalah sembelihan demi mensyukuri kelahiran sang anak, yang dilaksanakan pada hari ke-7 karena Allah SWT.

Hukum Aqiqoh Menurut Pandangan Imam Syafi’i

Beberapa ulama seperti Imam Hasan Al-Bashri, juga Imam Laits, berpendapat bahwa hukum akikah ialah wajib. Pendapat ini berdasarkan hadits di atas. Kullu ghulamin murtahanun bi aqiqatihi ; tiap-tiap bayi (yang lahir) terikat dengan aqiqohnya, mereka berpendapat bahwa hadis ini menunjukkan dalil wajibnya aqiqah dan menafsirkan hadis ini bahwa seorang anak tertahan syafaatnya bagi orang tuanya hingga ia diakikahi. Ada juga beberapa ulama yang menolak disyariatkannya (masyri’iyyat) aqiqah, tapi pendapat ini tak berdasar sama sekali. Dengan demikian, pendapat sebagian besar ulama lebih utama untuk diterima sebab dalil-dalilnya, bahwa aqiqah adalah sunnah.

Bagi seorang ayah yang sanggup, seyogyanya menghidupkan sunnah ini sehingga ia mendapat pahala. Dengan syariat ini, Anda telah turut serta menebarkan kasih-sayang di masyarakat pada saat pesta akikah itu.

Syarat Hewan Aqiqah

Ketentuan Fisik Domba Atau Kambing Aqiqoh

Sehat, tidak cacat, tidak buta atau pincang, gemuk, tidak kurus yang mengakibatkan dagingnya benar-benar sedikit.

Info Aqiqah Lainnya :  Aqiqah Pati Melayani Wilayah Durensawit Kayen, Pati

Persyaratan Umur Domba & Kambing Aqiqoh

Utamanya, hewan aqiqoh yang berupa kambing|Untuk hewan aqiqoh berupa kambing, semestinya minimal berumur 2 (dua) tahun sempurna dan domba minimal berumur satu tahun genap memasuki tahun kedua. Tapi seandainya sulit mendapatkan yang ideal, boleh dengan kambing yang berumur minimal 12 (dua belas) bulan sempurna memasuki bulan ketiga belas atau domba minimal berumur 6 bulan sempurna memasuki bulan ketujuh.

Persoalan persyaratan usia hewan akikah dan qurban kerap kali jadi perdebatan untuk para ustadz maupun para tokoh masyarakat yang paham tentang permasalahan itu. Karena ketika Kita menjadi konsumen (meskipun Kita punya kecukupan dalam sisi harta) sering kali Kita ingin domba & kambing aqiqoh dan qurban dengan usia musinnah dan besar namun anggaran yang Kita siapkan hanya cukup untuk membeli jadza’ah yang kecil, walaupun sebenarnya Kita mampu untuk membeli domba/kambing aqiqoh dan qurban dengan usia yang ideal. Hal demikian tak masalah ketika kondisi Kita benar-benar sedang tidak stabil.

Ketika mempersiapkan kelahiran sang buah hati, tentunya Anda juga harus mempersiapkan akikahnya. Dalam hal ini Anda harus memilih hewan terbaik yang akan digunakan sebagai hewan aqiqah. Selain itu, Anda pun harus memperhatikan umur kambing / domba akikah. Dan harus dipastikan hewan aqiqohnya memiliki kondisi yang sehat, dan tidak memiliki cacat apapun. Untuk jumlahnya ini disesuaikan jenis kelamin bayi yang baru lahir. Jika anak itu berjenis kelamin laki-laki, maka jumlah kambing yang harus diakikahkan sebanyak 2 (dua)ekor. Sedangkan bila bayi tersebut berjenis kelamin perempuan maka jumlah hewan akikahnya cuma satu ekor saja.

NO.JENIS HEWANUSIA IDEAL
(Musinnah)
USIA MINIMAL
(Jadza'ah)
1DOMBA>12 bulan>6 bulan
2KAMBING>24 bulan>12 bulan

Contoh Cara Menghitung Hasil Olahan Kambing & Domba

Tabel ini cuma perkiraan saja, karena banyak penyebab yang memberi pengaruh dalam tumbuh kembang kambing/domba. Tidak ada cara menghitung pasti tentang hal ini. Jadi ini bukanlah hal baku. Bisa jadi benar, dan bisa pula kurang pas. Tabel ini Kami susun untuk memudahkan Kita dalam menyiapkan keperluan aqiqah keluarga Kita, bukan untuk menentukan umur kambing atau domba akikahnya. Metode yang sering kali digunakan untuk mengetahui usia kambing & domba ialah dengan memperhatikan giginya.

Info Aqiqah Lainnya :  Aqiqah Pati Melayani Wilayah Kutoharjo, Pati

NO.Berat HidupUmurKarkasDaging MurniSate (tusuk)Gulai (porsi)
113 - 15 kg±6 bulan5 - 6 kg±3 kg20050
216 - 17 kg±7 bulan6 - 7 kg± 4 kg225 - 24060
318 - 19 kg±7-8 bulan7 - 8 kg±5 kg250 - 28070
420 - 21 kg±8-9 bulan8 - 9 kg±6 kg275 - 32080
522 - 23 kg±9-10 bulan9 - 10 kg±7 kg300 - 36085 - 90
624 - 25 kg±10-11 bulan10 - 11 kg±8 kg325 - 40090 - 100
7>25 kg>11 bulan>11 kg>8 kg>350>100
Danseterusnya

Di tempat Kami, hewan aqiqohnya sudah memenuhi syarat & cukup umur. Panjenengan bisa lihat jumlah hasil masakannya, terutama hasil sate. Panjenengan juga bisa menyaksikan proses penyembelihannya secara langsung. Dan kalau berhalangan untuk datang langsung, in syaa Allah nanti akan Kami kirim dokumentasinya.

Persentase Karkas dan Daging Dari Satu Ekor Kambing Atau Domba

Satu ekor kambing atau domba bisa menjadi karkas berkisar 40-45% dari bobot hidupnya, dengan daging murni (daging tanpa tulang) kisaran 60% dari hasil karkas. Atau untuk memudahkannya, Kita bisa pake estimasi “daging (boneless) dari satu ekor domba/ kambing itu sekitar seperempat dari bobot hidupnya.” Misalkan jika berat hidupnya 20 kg, maka kemungkinan daging murninya sekitar 5 kg.

1 kg daging murni biasanya dapat menjadi 10 – 20 porsi porsi atau 50 – 75 tusuk sate. Untuk nasi besek lazimnya menjadi 10 porsi, dan untuk nasi boks porsi resto, lazimnya bisa hingga 20 porsi.
Menu sate lazimnya bisa diganti menjadi bistik, teriyaki, lada hitam, bumbu kecap / semur, rendang, atau menu lainnya tergantung makanan khas daerah setempat. Kalau sate dirubahke menu lain, 4-5 tusuk sate menjadi 1 porsi menu masakan lainnya.

Menu Olahan Kambing Dan Domba Aqiqoh

Menu paling umum untuk bagian tulang, jeroan, kepala dan kaki adalah gulai. Namun bisa juga dibuat soup atau tongseng.

Di kebanyakan daerah, kulitnya dikumpulkan untuk didonasikan, dan di daerah lain ada yang dimasak. Tetapi sering cuma menjadi limbah, karena keterbatasan SDM untuk mengolahnya atau tidak ada pengepul / pembeli kulit sedangkan pengolahan kulit memerlukan waktu yang banyak.

Di tempat Kami, kulit bisa diolah menjadi masakan sehingga kulit bisa dimanfaatkan. Jika kulit dimasak gulai dicampur dengan tulang dan jeroan, cukup menambah biaya Rp. 100.000 dan kalau dimasak jadi oseng lombok ijo cukup menambah Rp. 150.000

Waktu Afdol Untuk Menjalankan Ibadah Aqiqah

Kapankah masanya akikah itu dilakukan? Seandainya bayi tersebut belum diaqiqahi hingga dewasa, apa boleh dia beraqiqoh dikala dewasa?

Jawaban:

Pada dasarnya pengerjaan aqiqah disunnahkan pada hari ke-7 setelah kelahiran. Ini didasarkan pada sabda Rasulullah saw. yang berbunyi:

Dari Samurah ra, sesungguhnya Rasulullah SAW sudah bersabda : “Tiap-tiap orang yang baru lahir tergadai (menjadi tanggungan) dengan aqiqahnya hingga disembelih (aqiqoh) itu untuknya pada hari ke-7, dicukur & dikasih nama.” (HR. Ahmad, Imam Empat dan Disahkan oleh At-Turmudzi).

Sedangkan pengerjaan aqiqoh disunnahkan pada hari ke-7 setelah kelahiran. Para ulama menyatakan bahwa akikah tetap disunatkan selama seorang anak belum diaqiqahi. Imam Ahmad dalam kitab Busyra al-Kariim menyatakan bahwa waktu aqiqah itu mulai kelahiran hingga bayi itu baligh. Bahkan Nabi SAW juga baru melakukan aqiqah atas diri Beliau setelah menerima dewasa. Menurut keterangan di atas, boleh melaksanakan aqiqoh untuk orang yang sudah dewasa. Karena Rasulullah pernah melaksanakan aqiqoh atas dirinya sesudah kenabian beliau. Sedangkan daging aqiqah semestinya disajikan dalam kondisi telah matang. Kebalikan dari daging qurban yang umumnya dibagikan dalam keadaan mentah.

Keuntungan Memakai Jasa Layanan Catering Akikah

  • Hemat anggaran
  • Hemat waktu & tenaga
  • Tidak perlu repot memasak sendiri
  • Anggaran bisa diukur dan dikendalikan
  • Dapat diantar ke lokasi acara secara langsung
  • Gizi dan kebersihan terjamin
  • Lebih banyak waktu berkumpul dengan keluarga di moment gembira
  • Tersedia berbagai jenis menu makanan yang bervariasi
  • Selain menunya yang bervariasi, rasanya pun telah teruji

Harga Hewan Aqiqoh Pati

[easy-pricing-table id="32121"]

 

Daftar Harga Paket Nasi Box Aqiqah Pati

[easy-pricing-table id="32116"]

 

Hewan Kurban

Selain melayani jasa layanan catering aqiqah, Kami juga menjual hewan qurban. Bisa menggunakan sistem akad pre order (bai’ salm), dengan pembayaran full di awal dengan harga jauh lebih murah hingga 20% dari harga saat idul adlha. Hewan qurbannya dikirim menjelang Idul Adlha. Tidak ada biaya perawatan, biaya pakan atau biaya tambahan lainnya.

Testimoni Aqiqah Pati

Untuk melihat testimoni, silakan kunjungi link https://akekah.com/testimoni

 

Aqiqah Pati Melayani Wilayah Sukoagung Batangan, Pati

Terimakasih Ayah dan Bunda sudah berkenan membaca postingan ini sampai akhir. Semoga Kita dikaruniai ilmu, umur & rizki yang bermanfaat, halal & barokah. Allahumma aamiin…

Need Help? Chat with us