Aqiqah Pati Melayani Wilayah Degan Winong, Pati

akekah.com– #AqiqahPati – Menunggu kelahiran sang bayi merupakan sebuah momen yang betul-betul mendebarkan bukan? Ya, hal ini memang wajar dirasakan oleh para orang tua, terlebih bagi para calon orang tua yang baru akan memiliki seorang anak. Perlu Anda pahami bahwa ada persiapan yang seharusnya dijalankan oleh orang tua dalam menyambut kelahiran sang bayi tercinta. Mulai dari persiapan jasmaniah, mental, dan pastinya finansial.

Namun selain beraneka persiapan tersebut, Anda pun harus menjalankan persiapan lainnya, salah satunya yakni persiapan acara akikahan. Ya, amalan aqiqoh ini merupakan salah satu hal yang betul-betul dianjurkan oleh syari’at Islam sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT karena telah dikaruniai seorang buah hati. Pelaksanaan aqiqah ini biasanya dijalankan dengan penyembelihan hewan akikah dengan jumlah yang telah ditentukan berupa domba kemudian dibagikan kepada kerabat maupun tetangga.

Aqiqah Pati Melayani Wilayah Degan Winong, Pati
Aqiqah Pati Melayani Wilayah Degan Winong, Pati

Makna Akikah Menurut Istilah

Akikah menurut bahasa artinya, “sembelihan” atau “pemotongan”. Inilah arti yang dipilih oleh Imam Ahmad bin Hambal sehingga beliau berkata : “Aqiqoh itu (artinya) tidak lain melainkan binatang sembelihan itu sendiri”

Menurut syara’, aqiqoh ialah penyembelihan hewan ternak pada hari ke-7 dari kelahiran seorang laki-laki maupun perempuan. Pada hari itu anak dikasih nama yang bagus dan rambut kepalanya dicukur.

Rasulullah SAW bersabda :

Dari Samurah ra, sesungguhnya Rasulullah SAW sudah bersabda : “Tiap-tiap anak yang baru lahir tergadai dengan aqiqohnya sampai disembelih (aqiqah) itu untuknya pada hari ke-7, dicukur & diberi nama.” (HR. Ahmad, Imam Empat dan disahkan oleh At-Turmudzi).

Jadi, Akikah merupakan sembelihan demi mensyukuri kelahiran seorang anak, yang dikerjakan pada hari ke-7 karena Allah SWT.

Hukum Aqiqoh Menurut Pendapat Madzhab Imam Syafi’i

Untuk bisa menjalankan aqiqah yang harus dilalui dalam merencanakan & mempersiapkan kelahiran seorang anak, tentunya Anda seharusnya mengerti aturan dalam pengerjaan aqiqoh ini. Kalau diperhatikan dari segi hukumnya terdapat 2 pendapat tentang ibadah aqiqah, diantaranya yaitu ada yang beranggapan hukumakikah ialah sunnah dan ada juga yang berpendapat bahwa hukumaqiqah ialah wajib. Kedua anggapan ini pastinya didasarkan atas beberapa dalil dan juga tafsir serta istinbat (الإستنباط) yang sudah dijalankan oleh para ulama.

Jika dilihat dari kesunnahannya, aqiqah ini termasuk ke dalam Sunnah Muakkad atau Sunnah yang sungguh-sungguh ditekankan. Hal ini memiliki arti bahwa jikalau orang tersebut memiliki kemampuan untuk menjalankannya, maka ia diwajibkan untuk mengerjakan aqiqah. Begitupun sebaliknya, apabila orang itu tak sanggup untuk melakukannya, maka pengerjaan akikah ini boleh untuk dihapuskan. Sementara itu anggapan para ulama yang menyatakan bahwa pengerjaan aqiqoh ini wajib didasarkan atas hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Kemudian para ulama menafsirkan bahwa apabila seorang anak belum diaqiqohkan, ia tak akan bisa memberi syafaat bagi ayah & ibunya.

Info Aqiqah Lainnya :  Aqiqah Pati Melayani Wilayah Sidomulyo Gunungwungkal, Pati

Syarat Kambing Aqiqoh

Persyaratan Fisik Domba / Kambing Aqiqah

Sehat, tidak cacat, tidak buta atau pincang, gemuk, tak kurus yang mengakibatkan dagingnya sangat sedikit.

Syarat Umur Kambing Dan Domba Aqiqoh

Selayaknya, hewan akikah yang berupa kambing|Untuk hewan aqiqoh berupa kambing, maka semestinya minimal berumur dua tahun sempurna & domba minimal berumur dua belas bulan sempurna memasuki bulan ke-13. Tetapi sekiranya susah mendapatkan yang pas, maka boleh menggunakan kambing yang berumur minimal 12 bulan sempurna memasuki bulan ketiga belas atau domba minimal berumur 6 bulan tepat memasuki bulan ketujuh.

Problem syarat usia domba atau kambing aqiqoh dan kurban sering kali jadi polemik untuk para ustadz ataupun tokoh yang faham tentang hal tersebut. Karena ketika Kita berada di posisi sebagai konsumen (meskipun Kita ada kecukupan dalam segi uang) tak jarang Kita ingin kambing & domba aqiqah dan kurban dengan umur musinnah & berukuran besar tapi anggaran yang Kita siapkan hanya bisa untuk membeli jadza’ah yang berukuran kecil, padahal sebetulnya Kita mampu membeli kambing akikah & kurban dengan usia yang ideal. Hal ini tak masalah dikala kondisi Kita benar-benar sedang tidak mampu.

Ketika mempersiapkan kelahiran sang buah hati, tentunya Anda juga harus mempersiapkan akikahnya. Dalam hal ini Anda harus mempersiapkan hewan terbaik yang akan dijadikan sebagai hewan aqiqoh. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan umur domba / kambing akikah. Dan harus dipastikan hewan aqiqahnya memiliki kondisi yang sehat, dan tidak memiliki cacat apapun. Untuk jumlahnya ini disesuaikan jenis kelamin anak yang baru lahir. Kalau bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki, maka jumlah hewan yang harus diakikahkan sebanyak duaekor. Sedangkan jika bayinya tersebut berjenis kelamin perempuan maka jumlah hewan aqiqahnya cuma 1 (satu) ekor saja.

NO.JENIS HEWANUSIA IDEAL
(Musinnah)
USIA MINIMAL
(Jadza'ah)
1DOMBA>12 bulan>6 bulan
2KAMBING>24 bulan>12 bulan
Info Aqiqah Lainnya :  Aqiqah Pati Melayani Wilayah Bancak Gunungwungkal, Pati

Gambaran Mengetahui Perkiraan Hasil Masakan Domba Dan Kambing

Tabel ini cuma perkiraan saja, karena banyak penyebab yang mempengaruhi penambahan bobot domba / kambing. Tak ada rumus pasti tentang hal ini. Jadi ini bukanlah hal baku. Bisa jadi benar, dan bisa pula kurang pas. Tabel berikut ini Kami lampirkan untuk memudahkan dalam menyiapkan keperluan aqiqah keluarga Kita, bukan untuk menentukan usia kambing & domba aqiqohnya. Cara yang sering kali diterapkan untuk menghitung umur kambing & domba yakni dengan melihat giginya.

NO.Berat HidupUmurKarkasDaging MurniSate (tusuk)Gulai (porsi)
113 - 15 kg±6 bulan5 - 6 kg±3 kg20050
216 - 17 kg±7 bulan6 - 7 kg± 4 kg225 - 24060
318 - 19 kg±7-8 bulan7 - 8 kg±5 kg250 - 28070
420 - 21 kg±8-9 bulan8 - 9 kg±6 kg275 - 32080
522 - 23 kg±9-10 bulan9 - 10 kg±7 kg300 - 36085 - 90
624 - 25 kg±10-11 bulan10 - 11 kg±8 kg325 - 40090 - 100
7>25 kg>11 bulan>11 kg>8 kg>350>100
Danseterusnya

Di tempat Kami, in syaa Allah kambing aqiqohnya sudah memenuhi syarat dan cukup umur. Bisa dilihat dari jumlah hasil masakannya, terutama hasil sate. Njenengan juga bisa datang langsung pada saat proses penyembelihannya secara langsung. Dan kalau berhalangan untuk menyaksikan langsung, in syaa Allah nanti akan Kami kirim dokumentasinya.

Menu Masakan Domba Dan Kambing Aqiqoh

Menu paling lazim untuk bagian tulang, jeroan, kepala dan kaki yaitu gulai. Tapi dapat juga dijadikan sop atau tongseng.

Di sebagian besar tempat, kulitnya dikumpulkan untuk disumbangkan, dan di daerah lain ada yang diolah. Tetapi ada juga yang cuma menjadi limbah, sebab keterbatasan SDM untuk mengolahnya dan tak ada pengepul / pembeli kulit padahal pengolahan kulit membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Di tempat Kami, kulit bisa diolah menjadi masakan sehingga kulit bisa dimanfaatkan. Jika kulit dimasak gulai dicampur dengan tulang dan jeroan, cukup menambah biaya Rp. 100.000 dan kalau dimasak jadi oseng lombok ijo cukup menambah Rp. 150.000

Waktu Afdhal Untuk Melakukan Ibadah Aqiqoh

Kapankah masanya aqiqoh itu dijalankan? Jikalau bayi tersebut belum diaqiqohi hingga dewasa, apa boleh ia beraqiqoh dikala dewasa?

Jawaban:

Pada dasarnya pelaksanaan akikah disunnahkan pada hari ke-7 setelah kelahiran. Ini didasarkan pada sabda Rasulullah saw. yang berbunyi:

Dari Samurah ra, sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda : “Setiap bayi yang baru lahir tergadai (menjadi tanggungan) dengan akikahnya hingga disembelih (aqiqah) itu untuknya pada hari ke-7, dicukur & diberi nama.” (HR. Ahmad, Imam Empat dan Disahkan oleh At-Turmudzi).

Dan pelaksanaan aqiqoh disunnahkan pada hari ketujuh sesudah kelahiran. Para ulama berpendapat bahwa akikah tetap disunatkan selama seorang anak belum diaqiqahi. Imam Ahmad dalam kitab Busyra al-Kariim berpendapat bahwa waktu akikah itu mulai kelahiran sampai bayi itu baligh. Bahkan Rasulullah SAW juga baru melakukan aqiqoh atas diri Beliau sesudah menerima tugas kenabian. Menurut keterangan di atas, boleh melakukan aqiqoh untuk orang yang sudah dewasa. Karena Rasulullah pernah melaksanakan akikah atas dirinya sesudah kenabian beliau. Sedangkan daging aqiqah sepatutnya disajikan dalam kondisi matang. Kebalikan dari daging kurban yang biasanya dibagikan dalam kondisi masih mentah.

Kelebihan Menggunakan Jasa Catering Aqiqah

  • Hemat biaya
  • Hemat waktu & tenaga
  • Tak perlu repot memasak sendiri
  • Anggaran bisa dievaluasi dan diatur
  • Bisa diantar sampai ke lokasi acara secara langsung
  • Nutrisi & kebersihan terjamin
  • Lebih banyak waktu bercengkrama dengan keluarga besar di moment gembira
  • Mempunyai berbagai jenis menu olahan yang bervariasi
  • Selain menunya beragam, kelezatannya pun sudah teruji

Harga Hewan Aqiqah Pati

[easy-pricing-table id="32121"]

 

Harga Nasi Box Aqiqah Pati

[easy-pricing-table id="32116"]

 

Kambing Kurban

Selain melayani penyedia akikah, Kami juga menjual hewan kurban. Bisa menggunakan sistem akad pre order (bai’ salm), dengan pembayaran full di awal dengan harga jauh lebih murah hingga 20% dari harga saat idul adlha. Hewan qurbannya dikirim menjelang Idul Adlha. Tidak ada biaya perawatan, biaya pakan atau biaya tambahan lainnya.

Testimoni Aqiqah Pati

Untuk melihat testimoni, silakan kunjungi link https://akekah.com/testimoni

 

Aqiqah Pati Melayani Wilayah Degan Winong, Pati

Terimakasih Ayah & Bunda sudah berkenan membaca postingan ini sampai selesai. Semoga Allah menganugerahkan ilmu, umur dan rizki yang bermanfaat, halal dan barokah kepada Kita semua. Allahumma aamiin…

Need Help? Chat with us